[6th Event] Opposite Attracts (Group Announcement and Rules)

banner 6th event

UPDATE! TOLONG BACA POST INI SEKALI LAGI.

Halo~ maaf untuk keterlambatan pengumuman grup dan peraturan event ke-6 ini.

Selamat hari raya idul fitri 1438h juga untuk yang merayakan. Mohon maaf jika selama ini para staff BTSFF ada salah-salah kata dan perbuatan yang kurang menyenangkan, ya.

Oke, jadi langsung saja silakan simak postingan berikut untuk mengetahui sub-tema dan kelompok yang didapat. Check this out!

Sub-Tema

Grup

Bianglala

1.      Ravenclaw

2.      Angelina Triaf

3.      Nagi

4.      babyneukdae_61

Rollercoaster

1.      Dyvictory

2.      Fuse

3.      bebhmuach

4.      WLP

Cokelat

1.      peachnojams

2.      Rijiyo

3.      Nidhyun

4.      zulfhania

Keju

1.      Juliahwang

2.      Orchidious

3.      d’Blank

4.      shiana

Samudera

1.      Ariesha97

2.      ChocoYeppeo

3.      SnowDrop

4.      moisellezxc

Goa

1.      Oh Nara

2.      putripucuk

3.      ARRYLEA

4.      Jung Michan

Jadi, kami akan menjelaskan sedikit lagi tentang konsep event kami kali ini. Kalian pasti sedikit bingung karena konsep kami tidak seperti bayangan teman-teman. Kenapa tidak satu grup yang mendapat dua tema berlawanan? Dan jika satu grup mendapat satu sub-tema, bagaimana sistemnya?

Oke, seperti ini, pemenang dari event kami kali ini bukanlah individual, melainkan grup. Satu grup yang menang akan kami rekrut sebagai staff BTSFF dan berhak mendapat hadiah kecil (nanti akan dijelaskan di bawah perihal reward). Nah, untuk itu satu grup yang mendapat satu sub-tema diharuskan membuat 2 (dua) buah fanfiksi yang berbeda genre juga cast.

Misal, grup 1 yang mendapat sub-tema bianglala. Bianglala sering diartikan sebagai wahana yang tenang dan dapat dinaiki bersama sanak keluarga, teman, maupun pasangan. Dalam fanfiksi, kalian dapat membuatnya berdasarkan genre family, friendship, dan romance. Di luar dari genre itu, misal kalian menemukan sebuah plot kejahatan tentang pembajakan bianglala dan terdapat adegan pembunuhan, itu justru akan lebih bagus. Asal, dua fanfik yang dibuat dalam satu grup tersebut harus berbeda genre dan memuat kejadian tentang arti bianglala itu sendiri. Sementara, untuk rollercoaster itu adalah wahana yang menantang dan cukup berbahaya. Kalian dapat menemukan plot-plot seru tentang petualangan dan lain-lain.

Cokelat dapat diartikan sesuatu yang manis, buatlah cerita yang romantis dan fluffy dari sub-tema ini. Sementara, keju merupakan kudapan yang cukup asin. Ceritakan bagaimana kehidupan kalian yang tidak hanya berakhir dengan manis, tetapi ada getir yang asin di dalamnya.

Samudera adalah sesuatu yang luas dan tidak terbatas, ada banyak cerita yang bisa dibuat dari sub-tema ini. Misalkan tentang petualangan (seperti halnya rollercoaster tadi) dan sesuatu yang tak terbatas. Lalu, goa adalah tempat yang sempit dan gelap. Dari sub-tema ini, kalian dapat membuat sesuatu seperti adegan penculikan, action, dan cerita dengan genre dark lainnya.

Nah, kami sudah memberi sedikit bocoran dan bantuan untuk teman-teman yang merasa bingung dengan sub-tema yang telah didapat.

RULES:

  1. Fanfiksi menceritakan tentang sub-tema masing-masing (sub-tema dapat tersirat maupun tersurat dalam fanfiksi)
  2. Fanfiksi asli milik sendiri dan belum pernah dipublikasikan di mana pun
  3. Menggunakan Bahasa Indonesia sesuai EBI (Ejaan Bahasa Indonesia), jika terdapat kata asing, harap di-italic.
  4. Cast utama merupakan member BTS, support cast bebas ingin menggunakan member BB/GB maupun OC (Original Character).
  5. Panjang satu fanfiksi maksimal 2000 words (tidak termasuk identitas fanfiksi dan author note). Diketik pada lembar kerja Ms. Word 1997-2007 dengan font Times New Roman ukuran 12. Jangan lupa cantumkan identitas fanfiksi pada lembar kerja teratas; Title, Author (tulis semua nama author pada kedua fanfiksi), GenreLengthRatingCast, Sub-Tema, Disclaimer, dan Summary.
  6. Rating maksimal PG-17. Kami tidak menerima fanfiksi yang mengandung unsur seksual, YAOI/YURI, dan genderbender. Untuk adegan berdarah-darah dan kekerasan harap diberi WARNING!
  7. Fanfiksi di-attach jangan di-copy paste pada badan email. Wajib melampirkan poster juga secara terpisah (jangan dimasukkan pada lembar kerja Ms. Word karena tidak akan terbaca sewaktu akan mem-posting di WordPress).

Fanfiksi dikirim ke email BTSFF:

btsffevent@gmail.com

Dengan subject pengiriman diisi:

[Opposite Attracts] Judul Fanfiksi

(Contoh: [Opposite Attracts] So Far Away)

Fanfiksi dapat dikirim selambat-lambatnya tanggal 31 Juli 2017 pukul 23:59 WIB.

EVALUATION:

Penilaian akan dilakukan oleh seluruh staff BTSFF berdasarkan:

  • Ide cerita (15%)
  • Kesesuaian cerita dengan sub-tema (15%)
  • Bahasa yang dipergunakan (15%)
  • Kekompakan grup. Ini sangat dipertimbangkan karena kami ingin tahu sejauh mana komunikasi grup dan apakah satu grup masih bertahan 4 anggota hingga akhir. Untuk komunikasi grup, kalian dapat melihat di kontak yang tertera pada post sebelumnya. (25%)

Fanfiksi di event kali ini juga akan dinilai oleh readers BTSFF melalui kolom komentar (30%).

Jadi total semuanya adalah 100%.

REWARD:

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pemenang akan kami ambil berdasarkan GRUP. Satu grup akan diambil sebagai pemenang dan masing-masing anggota berhak menerima hadiah kecil dari BTSFF yaitu bertemu oppars di Korea /gak/ masing-masing anggota menerima hadiah pulsa 50.000 dan menjadi staff BTSFF.

Nah, bukan hanya itu, di event kali ini ada yang spesial, loh. Untuk yang tidak dapat mengikuti event sebagai penulis, kalian dapat mengikuti event ini sebagai pembaca. Caranya?

  • Beri like di setiap post dalam event kali ini.
  • Berikan komentar paling bermutu karena kalian juga merupakan juri di sini.

Dua orang readers yang memberi like dan komentar paling bagus akan kami berikan sedikit apresiasi juga dengan masing-masing berhak menerima pulsa sebesar 20.000.

Apa masih ada yang bingung dengan event BTSFF kali ini? Jika masih ada yang belum jelas, bisa bertanya pada kolom komentar di bawah.

Sekian pengumuman grup dan peraturan event ke-6 kami kali ini. Semangat untuk seluruh grup dan semoga menghasilkan fanfiksi-fanfiksi yang luar biasa! Kami tunggu karyanya ^^

Ah, selamat juga untuk rilisnya logo baru BTS dan ARMY. Gimana kalian suka logo barunya, ‘kan? Jika disatukan akan membentuk seperti gerbang tinggi. Dan ucapkan selamat tinggal pada Bulletproof Boy Scouts, karena sekarang BTS merupakan Beyond The Scene (ini hanya pelafalan Inggrisnya, untuk tulisan hangul tetap 방탄소년단). Sekali lagi, selamat! Terus melangkah maju dan berkembang seperti namanya, ya, BTS!

– BTS Fanfiction Indonesia –
Advertisements

21 thoughts on “[6th Event] Opposite Attracts (Group Announcement and Rules)

  1. Mau tanya dong.
    Itu tema yg didapat jadinya tuh, kita harus menceritakan (misal, kelompokku kan dapet roallercoaster) tentang roallercoaster? Maksudnya harus tersurat?
    Atau kita menceritakan sesuatu yg dapat dikiaskan seperti roallercoaster (misal perjalanan cinta yg naik turun seperti roallercoaster)?
    Mohon pencerahannya

    Liked by 1 person

    1. Halo kak. Jadi gini, tema yg dikasi itu gaharus tersurat (maksudnya ngga kudu ada rollercoaster-nya). Temanya itu disesuaikan. Ya maksudnya kalo rollercoaster kan kesannya tiba-tiba cepet naik tetiba turun, nah genre yg pas kira kira apa gitu? intinya yg menimbulkan ketegangan sama kaya pas lg maen rollercoaster gt juga bisa dipake jd plotnya….. yg tiba-tiba naik bikin jantungan trus tibatiba turun bikin jantungan gituu… yang alurnya cepat terus bikin tegang dan gaketebak, bikin kaya yang “wah” gitu.

      kaya yg kakak contohin td yg perjalanan idup atau cinta yg naik turun jg bisa kok. pokonya ga harus bahas ttg rollercoaster~ duh, agak belibet yaa aku jelasinnyaa. tapii, semoga bisa dipahami 🙂

      Liked by 1 person

      1. haloo, kamu bisa liat daftar kontak peserta lain di postingan pengumunan event yg sebelumnya yaa. di kolom komen saat daftar kan semua yg daftar sudah mecantumkan kontak masing-masing. makasii 🙂

        Liked by 1 person

Leave your review, ARMY!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s